Praktek Kerja Industri

Huft....
Lama sudah tak membuat postingan baru. Hal ini di karenakan aku sudah kelas 3. Sesuai tradisi SMK, saat kita kelas 3 pasti kita harus melewati yang namanya PRAKERIN ( Praktek kerja industri ). Kalau soal jangka waktu PRAKERIN itu sich tiap sekolah beda-beda. Ada yang 3 bulan, ada juga yang sampai 4 bulan. Rata-rata 2-6 bulan.

Kalo sekolahku sih cuma 2 bulan. Menurutku kalo kita prakerin itu ga perlu jauh-jauh, yang penting sesuai dengan bidang keahlian kita dan tempat yang kita tempati buat prakerin itu tidak sembarangan tetapi harus berkualitas. Masalahnya kalo kita prakerin jauh-jauh hanya untuk menjauh dari pengawasan ortu itu hanya akan membuat ortu kita makin was-was, mereka bakalan berpikir kalo anaknya prakerin jauh-jauh hanya untuk gengsi-gengsian doank atau hanya untuk menjauh dari poengawasan ortu. Hal ini wajar, cause remaja itu lebih suka kebebasan.

Prakerin berfungfsi untuk memperkenalkan para murid dengan dunia kerja. Sekolah berharap setelah muridnya melewati masa Prakerin mereka akan memiliki ketrampilan yang pasti akan sangat mereka perlukan di dunia kerja ke depannya. Tetapi pada kenyataannya banyak siswa yang menjadikan prakerin sebagai ajang hura-hura. Mereka bisa pulang pergi seenaknya sendiri, hal ini pasti akan membawa dampak buruk kepada sekolah mereka.

Aku saat ini masih dalam minngu ke 2 prakerin dari jatah waktu 2 bulan. Meskipun tempat prakerinku hanya lokal atau dalam kota, yang penting aku merasa nyaman. Teman-teman prakerinnya semua pada asyik-asyik, terus di lingkungan sekitar situ ceweknya cantik-cantik. Lumayan buat cuci mata.... He he....
Cuma Ingin Tahu © 2008.