Keberadaan Wikileaks Membuat Panik

wikileaks
WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke http://www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan ( begitulah paragraf pertama yang ditulis dalam id.wikipedia.org )

Keberedaan dari Wikileaks ini cukup kontroversial. Web yang berbasiskan nirlaba ( non-profit ) itu membuat cemas beberapa negara yang rahasianya dibocorkan, terutama adalah AS yang sangat geram terhadap Wikileaks karena banyak rahasia diplomatik AS yang dibeberkan di sini. Meskipun pemimpin WikiLeaks "John Assange" telah ditangkap tetapi hal ini tidak mempengaruhi terhadap kinerja WikiLeaks. Mereka tetap merilis beberapa info-info rahasia diplomatik beberapa negara bahkan katanya informasi rahasia di Indonesia juga akan dibeberkan. Jumlah dokumennya kurang lebih 3.059 dokumen.

WikiLeaks memang dahsyat dan bikin heboh. Situs ini mengklaim telah memublikasikan lebih dari 1,2 juta kawat diplomatik, dokumen rahasia, terutama dokumen milik AS. Belakangan ini beberapa orang WikiLeaks menjadi narasumber berita atau bahkan ”kontributor” beberapa televisi asing.

Akan tetapi dalam sepekan ini WikiLeaks mendapatkan gangguan dari beberapa pihak. Jaringan televisi CNN melaporkan, setelah didepak dari server milik Amazon, WikiLeaks kini bersembunyi di tempat baru di Swedia. Situs yang gemar mengungkap dokumen rahasia negara itu kini menggunakan provider terbesar di Swedia, yakni Bahnhof yang bermarkas di sebuah bungker, sekitar 30 meter di bawah tanah. Bahnhof dimiliki pengusaha asal Swiss.

Yang patut kita sekarang adalah apakah keuntungan WikiLeaks dengan menyebarkan informasi rahasia tersebut ? Apakah dampaknya bagi Tanah Air kita tercinta ini ?
Cuma Ingin Tahu © 2008.