Fungsi Keluarga Terhadap Peran Individu di Lingkungan Masyarakat

Tugas Softskill #3
Anwar Lathief - 11113192 - 1KA39

Pengertian Individu
Individu adalah unit terkecil pembentuk masyarakat. Individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil.

Masing-masing individu memiliki ciri khasnya masing-masing. Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat dan akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok dimana dirinya bergabung.

Pengertian Keluarga
Keluarga merupakan sekelompok individu yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan yang tinggal bersama dan makan dari satu dapur yang tidak terbatas pada hubungan darah saja, atau beberapa individu yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan yang mengurus keperluan hidupnya sendiri.

Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: kula dan warga “kulawarga” yang berarti “anggota” “kelompok kerabat”. Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa individu yang masih memiliki hubungan darah, bersatu. Keluarga inti terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak mereka.

Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, kepentingan yang sama, dan memiliki budaya.

Hubungan Individu, Keluarga dan Masyarakat:
1. Hubungan individu dengan keluarga
Individu memiliki hubungan yang erat dengan keluarga. Hubungan ini dapat dilandasi oleh nilai, norma dan aturan yang melekat pada keluarga yang bersangkutan. Pada akhirnya individu akan memiliki hak dan kewajiban yang melekat pada dirinya dalam keluarga.

2. Hubungan individu dengan lembaga
Lembaga merupakan sekumpulan norma yang secara terus-menerus dilakukan oleh manusia karena norma-norma itu memberikan keuntungan bagi mereka. Individu memiliki hubungan yang saling mempengaruhi dengan lembaga yang ada disekelilingnya. Lingkungan pekerjaan dapat membentuk kepribadian individu.

3. Hubungan individu dengan komunitas
Komunitas merupakan satuan kebersamaan hidup orang banyak yang memiliki teritorial terbatas, memiliki persamaan terhadap hal yang disukai dan keorganisasian tata kehidupan bersama. Komunitas mencakup individu, keluarga dan lembaga yang saling berhubungan secara independen.

4. Hubungan individu dengan masyarakat
Hubungan individu dengan masyarakat terletak dalam sikap saling menjunjung hak dan kewajiban manusia sebagai individu dan manusia sebagai makhluk sosial. Gotong royong adalah hak masyarakat, sedangkan rekreasi dengan keluarga, hiburan adalah hak individu yang seharusnya lebih di utamakan adalah hak masyarakat.

Fungsi Keluarga :

Fungsi biologis, keluarga dapat menyelenggarakan persiapan perkawinan bagi anak-anaknya berupa : pengetahuan kehidupan sex suami-istri, pengetahuan mengatur rumah tangga bagi istri, pengetahuan tugas suami, memelihara pendidikan bagi anak-anak.

Fungsi pemeliharaan, keluarga dapat memberikan perlindungan seperti : menyediakan rumah sebagai tempat berlindung, memelihara kesehatan, memberikan pengamanan dari bahaya.
Fungsi ekonomi, keluarga memberikan kebutuhan pokok seperti : sandang pangan dan tempat tinggal.

Fungsi keagamaan, keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mengamalkan ajaran-ajaran agama sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME.

Fungsi sosial, keluarga berperan untuk memperkenalkan nilai-nilai dan sikap yang dianut oleh masyarakat pada anak-anaknya seperti mempelajari peranan yang diharapkan akan mereka jalankan kelak serta pewarisan kebudayaan atau nilai-nilai kebudayaan seperti sopan santun bahasa, cara bertingkah laku, ukuran tentang baik buruknya perbuatan.

Sumber : 
http://sharifhaq.blogspot.com/2013/10/fungsi-keluarga-terhadap-peran-individu.html
http://soniasworldd.wordpress.com/2012/11/12/tugas-ke2-isd-bab-i-individu-keluarga-dan-masyarakat/
Cuma Ingin Tahu © 2008.