Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian paragraf Deduktif dan Induktif beserta dengan masing-masing contohnya.

Paragraf adalah kumpulan kata yang saling berangkai membentuk satu kesatuan gagasan atau topik yang terdiri dari gagasan utama dan gagasan penjelas. Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dapat dikelompokkan dalam tiga jenis paragraf yaitu paragraf deduktif, induktif, dan campuran. 

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi, yaitu memaparkan hal umum terlebih dahulu kemudian menjabarkan hal – hal khusus. Dengan kata lain paragraf ini meletakkan gagasan utamanya pada kalimat utama di awal paragraf.

Contoh :
Paragraf 1

Junk food atau disebut juga dengan makanan sampah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Junk food sangat tidak sehat karena proses pengolahannya yang tidak baik. Menurut pakar kesehatan, makanan yang digoreng memiliki kandungan gula dan garam yang banyak. Bahkan makanan – makanan ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi yang akan membahayakan kesehatan. Contohnya pada makanan burger yang terlihat seperti makanan sehat memiliki kalori lebih dari 1.200 kalori. Kalori-kalori tersebut dapat mengendap di dalam darah dan membuat darah tersumbat sehingga akan menyebabkan penyakit jantung coroner bahkan stroke. Jika makanan ini terus – menerus dikonsumsi, maka tubuh kita akan semakin rentan terkena penyakit – penyakit tersebut.

Paragraf 2

Kesehatan merupakan suatu hal yang paling berharga di dunia ini. Tanpa kesehatan, manusia akan sangat kesulitan. Meskipun kita memiliki uang yang sangat banyak, semua itu tidak ada gunanya jika kita sedang sakit. Bahkan orang – orang rela untuk menukar segala harta benda yang dimilikinya agar menjadi sehat kembali. Kesehatan menjadi sangat berharg karena biayanya yang mahal. Bahkan muncul jargon – jargon nyeleneh di masyarakat seperti “sehat itu mahal”, “orang miskin tidak boleh sakit”, dan lain – lain. Meskipun pemerintah telah mengadakan program BPJS, Askes, dan lain – lain, tetap saja tidak bisa membuat kesehatan menjadi murah. Hal ini sangatlah wajar karena harga obat – obatan yang beredar sangatlah mahal, dan juga biaya untuk menjadi seorang dokter atau perawat amat sangat mahal. Semua biaya - biaya tersebut pada akhirnya dibebankan kepada pasien sehingga biaya pengobatan menjadi sangat mahal.

Paragraf 3

Olahraga yang teratur adalah cara yang paling baik dan murah dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Tubuh yang tetap bergerak akan menghasilkan energi yang cukup hasil dari pembakaran atau oksidasi makanan yang ada di dalam tubuh. Energi ini akan dipakai untuk menunjang aktifitas kita sehari – hari. Selain menghasilkan energy, proses pembakaran tersebut juga akan menghasilkan glukosa yang merupakan cadangan energy. Glukosa ini akan disimpan dalam bentuk otot sehingga tubuh kita akan menjadi proposioanal. Disamping menghasilkan energi dan membentuk massa otot, olahraga juga bisa membakara lemak yang menumpuk di badan sehingga tubuh kita akan memiliki berat badan yang proposional. Namun, berolahragalah dengan teratur dan jangan sampai berlebihan karena malah akan merusak tubuh kita.

Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah suatu paragraf yang dikembangkan dengan pola induksi, yaitu dengan cara menjabarkan hal – hal khusus terlebih dahulu dan kemudian disimpukan menjadi suatu hal yang umum. Dengan kata lain, paragraf deduksi adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf. Pola paragraf ini biasanya dipakai dalam paragraf generalisasi, sebab – akibat, akibat – sebab, dan analogi.

Contoh :
Paragraf 1

Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Paragraf 2

Semua orang tua tentu berharap kelak anaknya menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Oleh sebab itu, banyak orang tua memilih pendidikan yang tepat agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja. Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja di masa depan semakin terbuka jelas.

Paragraf 3

Merokok bisa menyebabkan gangguan pernafasan, seperti bronkitis, asma, dan lainnya. Hal ini dikarenakan asap yang masuk ke dalam tubuh sangatlah berbahaya. Selain menyebabkan gangguan pada pernafasan, merokok juga bisa menyebabkan kanker paru – paru. Kandungan tar yang ada pada rokok akan memicu sel – sel kanker pada paru – paru untuk berkembang. Terlebih lagi, merokok juga bisa menyebabkan kecanduan.  Nikotin yang ada pada rokok akan mempengaruhi otak untuk terus mengkonsumsi rokok, sehingga membuat perokok susah untuk menghentikannya. Oleh karena itu, merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia.

Keterangan :
Kata-kata yang di beri garis bawah merupakan kalimat utama/pokok dari paragraf tersebut.

Sekian pembahasan tentang Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sumber :
http://www.berpendidikan.com/2015/05/pengertian-dan-contoh-paragraf-induktif-terlengkap.html
http://www.kelasindonesia.com/2015/05/5-contoh-paragraf-deduktif-tentang-kesehatan.html
http://www.prbahasaindonesia.com/2015/05/pengertian-beserta-contoh-paragraf-deduktif-induktif-dan-campuran-lengkap.html
Cuma Ingin Tahu © 2008.