Paradigma

Paradigma - Paradigma adalah model utama, pola atau metode (untuk meraih beberapa jenis tujuan). Seringkali paradigma merupakan sifat yang paling khas atau dasar dari sebuah teori atau cabang ilmu.

Unsur-unsurnya adalah sebagai berikut :

1. Asumsi
Asumsi adalah anggapan atau pendapat yang menjadi titik tolak seorang. asumsi bisa dikatakan sebagai dugaan, pikiran yang dianggap benar untuk sementara sebelum ada kepastian. Dalam hal menentukan asumsi itu ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu : asumsi harus operasional, harus menyatakan sebenarnya, harus dinyatakan tersurat.
 
2. Nilai
Dalam cara memandang sesuatu pasti kita mempunyai nilai. nilai yang menjadi sumber dari sumber hukum, metode, dan penerapan ilmu yang menentukan sifat, ciri, dan karakter ilmu pengetahuan itu sendiri.
 
3. Model
Paradigma juga memiliki model, yaitu kualitatif dalam proses ini merupakan sesuatu yang lebih penting dibanding dengan 'hasil' yang diperoleh. Dalam penelitian kualitatif adalah saat model humanistik, yang menempatkan manusia sebagai subyek utama dalam peristiwa sosial/budaya.
 
4. Penelitian dan Pengkajian
Selanjutnya ialah meneliti dan mengkaji masalah yang ada, penelitian disini adalah cara pengamatan dan mempunyai tujuan untuk mencari jawaban permasalahan dan hasil temuan. Pengkajian adalah proses atau penelaahan dalam penyelidikan (pelajaran yang mendalam).
 
5. Konsep-Konsep Pokok
Konsep-konsep pokok dari paradigma sendiri adalah suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. konsep dinyatakan sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik.
 
6. Metode Penelitian
- fakta : hasil pengamatan yang objektid dapat dilakukan verifikasi oleh siapapun. fakta seringkali diyakini oleh orang banyak(umum) sebagai hal yang sebenarnya, baik karena mereka telah mengalami kenyataan-kenyataan dari dekat maupun karena mereka dianggp telah melaporkan pengalaman orang lain yang sesungguhnya.
- realita : sesuatu yang kita benarkan, benar apa yang kita yakini, apa yang kita persepsikan dan benar itulah realita yang kita miliki.
- data : dalam penelitian pasti ada sumber data dan metode pengumpulan data. dimana sumber data tersebut terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. data primer adalah data yang diperoleh peneliti secara langsung dan data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti dari sumber yang sudah ada.
metode pengumpulan data ini merupakan faktor penting demikeberhasilan penelitian, karena berkaitan dengan bagaimana cara mengumpulkan data, siapa sumbernya dan apa alat yang digunakan.
metode kualitatif terdiri dari fakta dan realita sedangkan kuantitatif terdiri dari data.
 
7. Metode Analisis
metode Analisis : Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif,
Analisis Data Kuantitatif adalah kegiatan setelah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul, menggunakan statistik.
Analisis Data Kualitatif adalah kegiatan data yang diperoleh berbagai sumber dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam dan dilakukan secara terus menerus. Dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama dilapangand an setelah selesai dilapangan. 

8. Hasil Analisis
Hasil Analisisnya adalah penafsiran hasil analisis tersebut, yaitu untuk menarik kesimpulan dengan cara membandingkan hipotesis yang telah dirumuskan.

Sumber :
wikipedia.com
http://bambangindrayana.blogspot.co.id/2013/03/filsafat-paradigma-ilmu-pengetahuan-dan.html
Cuma Ingin Tahu © 2008.