Perbedaan Standar Etika Profesi IT di Indonesia dengan Luar Negeri

Perbedaan Standar Etika Profesi IT di Indonesia dengan Luar Negeri - Selamat siang, pada kese,patan kali ini saya akan membahas tentang Perbedaan Standar Etika Profesi IT di Indonesia dengan Luar Negeri. Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas softskill mata kuliah "Etika Profesi Teknologi Informasi". Langsung saja kita masuk ke pembahasan mengenai Perbedaan Standar Etika Profesi IT di Indonesia dengan Luar Negeri. 

Kebetulan saya mendapatkan jurnal yang sesuai dengan apa yang akan kita bahas, jurnal milik kakak kelas beda jurusan. Jurnal ini sebelumnya di upload di Academia.edu namun saya upload ulang di dropbox saya karena academia.edu membutuhkan akun untuk membaca jurnal tersebut, jadi saya hanya mempermudah saja.

Definisi Profesi

Semua profesional dalam melaksanakan pekerjaannya harus sesuai dengan apa yang disebut standar (ukuran) profesi. Jadi, bukan hanya tenaga pekerjaan yang harus bekerja sesuai dengan standar profesi. Pengembangan profesi yang lain pun memiliki standar profesi yang ditentukan oleh masing-masing bidangnya.

Standar profesi IT disetiap Negara pasti berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari Negara masing-masing. Menurut Schein E. H (1962), Profesi merupakan suatu kumpulan atau kesatuan pekerjaan yang membangun suatu kesatuan norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat. Menurut Hughes,E.C (1963), Profesi merupakan suatu keahlian dalam mengetahui segala sesuatu dengan lebih baik dibandingkan orang lain. Sedangkan menurut Winsley (1964) Profesi adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan badan ilmu sebagai dasar untuk pengembangan teori yang sistematis guna menghadapi banyak tantangan baru, memerlukan pendidikan dan pelatihan yang cukup lama, serta memiliki kode etik dengan fokus utama pada pelayanan. Komalawati memberikan batasan yang dimaksud dengan standar profesi adalah pedoman yang harus digunakan sebagai petunjuk dalam menjalankan profesi secara baik. (Komalawati, 2002: 177). 

Berikut pembahasan tentang perbedaan standar profesi di Indonesia dengan Luar Negeri :

 
 
Sumber : http://www.academia.edu/7329803/Perbandingan_Standar_Profesi_IT_di_Indonesia_dan_di_Negara_Lain
Cuma Ingin Tahu © 2008.