Keuntungan Blog Dibanding Social Media Lain

Keuntungan Blog Dibanding Social Media Lain - Artikel ini saya buat sebagai penjabaran dari artikel Day 2: Apa Hobi Admin Cuma Ingin Tahu? pada poin ke empat. Entah mulai kapan blogging mejadi hobi saya. Dan ada beberapa Keuntungan Blog Dibanding Social Media Lain secara subyektif dari saya.

Keuntungan Blog Dibanding Social Media Lain
Pengertian Blog menurut Wikipedia:
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Sedangkan pengertian Blogging menurut Wikipedia:
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.
Selanjutnya adalah Keuntungan Blog Dibanding Social Media Lain menurut saya :

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis
Dengan semakin seringnya kita menuis artikel di blog maka lama kelamaan kita akan mengetahui cara menulis yang baik yang mungkin itu berasal dari komentar para pembaca tentang kekurangan dari tulisan kita/artikel kita, kesalahan bahasa, sopan satun bahasa, dll. Berbeda dengan Facebook yang hanya Update Status maupun Twitter yang tweet-nya terbatas karakter. Meskipun Facebook memiliki aplikasi Notes namun berdasarkan pengalaman saya, jarang orang yang membukanya.

2. Meningkatkan Kecepatan Mengetik
Mungkin ini masih ada hubungannya dengan poin pertama. Dengan kebiasaan kita menulis artikel pada blog, lama kelamaan kecepatan mengetik kita akan meningkat. Hal ini dikarenakan kita makin terbiasa dengan susunan QWERTY keyboard.

3. Berbagi Pengetahuan
Banyak para blogger yang berbagi pengetahuannya melalui media blog, entah itu pengetahuan yang mereka dapat dari pengalaman maupun dari pendidikan mereka. Misalnya blog tutorial.

4. Berbagi Koleksi/Karya
Banyak blog yang berbagi software entah itu freeware maupun yang berbayar. Dan ada juga blog yang berbagi MP3 maupun video. Contoh yang dapat diambil yaitu blog download.

5. Menginspirasi Orang Lain
Suatu saat mungkin akan ada pembaca yang terinspirasi oleh artikel-artikel yang ada di blog kita. Entah mengikuti kita dengan cara membuat blog dengan tema mereka sendiri atau apapun.

6. Blog Bersifat Terbuka
Blog dapat diakses oleh siapa saja dan untuk mengakses suatu blog kita tidak harus melakukan menjadi member dan login terlebih dahulu. Berbeda dengan Social Media lain seperti Facebook ataupun Twitter yang mengharuskan kita untuk menjadi member dan login terlebih dahulu untuk mengakses suatu halaman.

7. Menghasilkan Uang
Selain ke enam poin diatas, blog juga dapat menghasilkan uang. Banyak media sosial yang digunakan untuk dijadikan toko online, salah satunya adalah media blog. Dengan blog maka akan dapat menjelaskan suatu produk tanpa harus terbatas karakter. Ada juga blog yang menghasilkan uang dari kerjasamanya untuk menayangkan iklan dari advertisers. Poin ini mungkin adalah bonus dari kerja keras kita dalam menghasilkan artikel-artikel yang berkualitas. Jujur saya sendiri belum mendapatkan yang poin ke tujuh ini, namun suatu saat pasti bisa.

Nah itu adalah Keuntungan Blog Dibanding Social Media Lain menurut saya, apabila Anda mempunyai pendapat lain maka Anda dapat menuliskannya di kotak komentar. Dan artikel ini akan saya update apabila ada tambahan yang perlu ditambahkan.

Sebagai motivasi bagi Anda yang seorang blogger yang saya dapat dari forumlingkarpena.net :
"Jangan Pikirkan Apa yang akan Kamu Tulis, Tapi Tulislah apa yang Ada dalam Pikiranmu"
Cuma Ingin Tahu © 2008.