Presentasi itu Penting!

Presentasi itu Penting! - Setelah beberapa hari menghilang dari dunia blogging, kali ini saya akan membahas tentang Presentasi itu Penting! Inspirasi ini saya dapatkan dari kata-kata Ketua UKM SNAP yang kurang lebih kata-katanya begini: "Seorang fotografer yang bisa memotret dan menghasilkan karya foto yang bagus namun tidak bisa mempresentasikan fotonya sama dengan nol". Artinya yaitu apabila fotografer tersebut tidak bisa mempresentasikan foto yang dia ciptakan maka orang hanya akan menganggap dia asal jepret, kebetulan bagus, dll.

Setelah mendengar kata-kata itu saya menjadi tersadar bahwa presentasi itu penting, tidak hanya dalam dunia bisnis namun juga dalam berbagai aspek kehidupan. Nah kenapa presentasi sangat penting? Presentasi penting dalam dunia bisnis, pendidikan, kesehatan, militer, pemerintahan, dll. Setiap orang pasti memiliki alasan atas produk/karya yang dibuatnya, dalam hal ini presentasi yang dimaksud disini adalah menjelaskan produk/karya yang dibuatnya kepada orang lain.

Beberapa keuntungan dari presentasi :
  • Lebih Efisien
Dalam dunia pendidikan presentasi akan menjadi lebih efisien karena materi dapat diselesaikan dalam satu kali tatap muka. Di dunia kesehatan/militer, presentasi akan menjadi sangat efisien seperti saat presentasi suatu alat kesehatan/senjata yang disertai dengan cara menggunakannya. Dalam dunia bisnis presentasi akan amat penting sebagai ajang promosi suatu produk yang akan di pasarkan.
  • Lebih Efektif
Karena dalam presentasi kita akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari para audiens, serta tanggapan mereka atas hal yang kita presentasikan.
  • Memberikan Informasi
Dengan adanya presentasi  maka kita akan menjelaskan tentang suatu produk/karya yang mungkin berkaitan tentang cara pembuatannya, kelebihannya, harganya, cara menggunakannya dan lain-lain.
  • Memiliki Pengaruh
Hal ini mungkin akan sangat tepat dalam dunia bisnis, presentasi akan memiliki pengaruh yang lumayan besar. Kebanyakan orang akan sulit menolak suatu produk apabila berhadapan langsung secara pribadi dan pembawa presentasi tersebut mengesankan.

Jadi kesimpulannya Presentasi itu Penting!

Sumber:
http://presentasibisnisegiearief.blogspot.com/
http://www.muhammadnoer.com/2011/06/tujuan-presentasi/
http://tik.sman7-bjm.sch.id/artikel/pentingnya-presentasi-dalam-dunia-bisnis.html
Cuma Ingin Tahu © 2008.